5 prinsip hidup sehat untuk lansia

Menurut para peneliti, ada lima aturan emas: jangan makan berlebihan; hindari kelebihan berat badan; menjalani pola makan yang sehat. Olahraga teratur dan pengobatan yang tepat adalah kunci kehidupan lansia.

Jangan makan berlebihan

Seperti yang dikutip dari SehatQ, menurut hasil survei ahli nutrisi Finlandia, sekitar 20% lansia menderita Alzheimer akibat kebiasaan makan terlalu kenyang di usia muda dan semuanya merupakan makanan yang kaya protein dan lemak.

Tak hanya itu, terlalu sering makan terlalu kenyang juga menyebabkan kelebihan zat menggenang di perut, meningkatkan risiko penumpukan lemak, kolesterol tinggi dalam darah, dan trigliserida tinggi dalam darah. dengan demikian menyebabkan penyakit: penyumbatan atau pengerasan arteri, tekanan darah tinggi, perlemakan hati, diabetes. Anggota kelompok penelitian kesehatan, memperingatkan orang-orang makan berlebihan dan terlambat meninggalkan meja. Dia mengatakan bahwa makan camilan dalam bentuk yang dibatasi kalori mungkin memiliki manfaat jangka panjang. Menurutnya, sekitar 1.500 kalori sehari dikatakan cocok untuk wanita dan 1.800 untuk pria, yang membantu mereka mendapatkan mineral, vitamin dan protein yang diperlukan dalam makanan mereka.

Jadi sangat disarankan untuk segera makan dengan 70% menu makanan Anda. Fakta ini dibuktikan oleh orang Jepang: mereka hanya makan sekitar 70% dari kebutuhan dan orang Jepang terkenal dengan umur panjang dan kesehatan yang baik di dunia.

Hindari kelebihan berat badan

Obesitas terdaftar oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai penyakit kesehatan untuk orang tua.

Obesitas merupakan penyakit yang berbahaya, menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti resiko penyakit jantung, pernafasan, pencernaan… Bahkan obesitas merupakan pendamping tekanan darah tinggi. Selain itu, darah berlemak, perlemakan hati atau diabetes juga merupakan komplikasi akibat obesitas.

Berat badan berlebih dan obesitas merupakan ancaman karena lemak perut berada di antara organ-organ dan ini berpengaruh pada metabolisme tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kencing, kata para ahli. Jalan.

Ukuran kurang dari 80cm untuk wanita dan 94cm untuk pria dianggap indikator yang aman untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Cobalah untuk menjaga diri Anda tetap konsisten, berat badan konsisten yang dapat memperpanjang hidup Anda hingga 20 tahun.

Makan makanan yang sehat

Penelitian juga menunjukkan bahwa hidup sehat bagi para lansia ketika mereka memiliki pola makan harian yang sehat dengan melimpahnya sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, ikan, dan hewan. kulit buah dengan sedikit anggur, tetapi hanya dengan sedikit daging merah. Disamping itu banyak mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan segar sangat baik untuk kesehatan para lansia dan mencegah obesitas.

Berolahragalah secara teratur

Faktor gaya hidup sangat penting untuk menjaga kesehatan mental, psikologis dan fisik seiring bertambahnya usia.

menunjukkan bahwa pada tahun 2050 akan ada sekitar 3,2 juta orang di seluruh dunia yang berusia di atas 100 tahun, meningkat lebih dari 18 kali lipat dibandingkan tahun 2000. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa orang yang sehat harus aktif. lebih dari 10.000 langkah per hari, setara dengan berjalan kaki 6 hingga 7 km.

Minum beberapa obat yang sesuai

Para ahli juga percaya bahwa mengonsumsi suplemen selenium dan vitamin D tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan jangka panjang. Kekurangan vitamin D diyakini bertanggung jawab atas sejumlah penyakit, sementara sekitar 10 hingga 15% orang dewasa yang lebih tua dengan kekurangan vitamin B12 terdaftar sebagai penyebab penyakit saraf dan pembuluh darah.

gaya hidup sehat yang mencakup diet seimbang dan olahraga teratur sangat penting untuk hidup sehat. usia. Tidak ada kata terlambat untuk membuat perbedaan.

Untuk informasi kesehatan yang lainnya anda bisa mengunjungi artikel kesehatan di SehatQ.